Label

Kamis, 13 Februari 2014

Kelereng yang kau sebut DUNIA


       Kadang kala ketika hati kita keruh, kita malas mendengar nasihat atau hal baik dari orang lain. Motivasi dan ceramah hanya jadi sebuah pembicaraan panjang yang membosankan. Tapi kali ini, yang kurasakan tidak demikian. Kuliah Epidemiologi perencanaan yang berubah menjadi siraman qalbu menjadih sebuah pelajaran yang mampu menyejukkan hati kami. Istilah dari dosenku " mengisi rongga dada kami, bukan hanya terus-menerus mengisi rongga kepala".
      Ada banyak yang dosenku sampaikan, tapi tak banyak yang ingin aku tuliskan. Bukan karena yang lain tidak penting. Justru yang lain jauh sangat penting. kesempatan lain pasti akan ku tuliskan semuanya, jika aku telah mengaplikasikannya dengan baik. ya, aku tak mau jadi pelita yang merangi orang lain tapi membakar diriku sendiri. Setidaknya aku ingin kita sama-sama memperbaiki iman dan diri.
    Dosenku mengunakan pengibaratan yang sederhana tentang seseorang yang disibukkan urusan duniawinya. Katanya dunia ini hanya persinggahan untuk mengumpul bekal. Ada lima alam yang akan kita singgahi, dan kita telah berada di tempat ketiga, masih ada dua lagi. Masih ada alam kubur dan hari akhir. DUNIA ini ibarat kelereng. Jika kita meletakkan kelereng terlalu dekat dari pelupuk mata, kita sering tidak melihat pemandangan yang jauh lebih luas di depan kita. Kita harus memberikan jarang antara kelereng dan bola mata, agar kita bisa melihat kelereng dan juga hal lain yang jauh lebih banyak. Demikian pula halnya dengan dunia, kita seringkali terlalu sayang dengan segala urusan dunia hingga lupa bahwa dunia ini hanya tempat mengumpul bekal. Dunia ini hanya ladang amal, yang semestinya tempat kita menanam dan memetik amal kebaikan sebanyak-banyaknya. Seharusnya Dunia dan Akhirat dipikirkan dua-duanya, Apapun yangkita kerjakan di dunia ini hendaklah sesuatu yang tidak merugikan kita di akhirat kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentnya dong... :)